29. Pembinaan Perpustakaan Sekolah Dasar

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang (1) Pembinaan Tenaga Perpustakaan Sekolah Dasar, (2) Pembinaan Anggaran Perpustakaan Sekolah Dasar, (3) Pembinaan Koleksi Bahan Pustaka Perpustakaan Sekolah Dasar,  dan  (4)  Pembinaan  Pengolahan  Bahan Pustaka  Perpustakaan  Sekolah Dasar.
Penelitian ini menggunakan pendekatan  kualitatif  dengan   metode deskriptif. Pengumpulan  data   yang   digunakan   adalah   dengan   observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data model Interaktif Miles dan Huberman yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini  adalah  sebagai berikut: (1) Pembinaan tenaga perpustakaan Sekolah Dasar dilaksanakan dengan sistem penunjukan. Pembinaan ini berupa bimbingan teknis pengelolaan perpustakaan sekolah dan seminar. (2) Pembinaan anggaran perpustakaan Sekolah Dasar dilaksanakan oleh Unit Pelayan Teknis, yaitu berupa pemberian saran dan sosialisasi. (3) Pembinaan koleksi bahan pustaka dilaksanakan oleh Unit Pelayanan Teknis berupa pengawasan saat drop buku ke sekolah. Pembinaan yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga berupa pemberian bantuan buku melalui Dana Alokasi Khusus. Pembinaan koleksi dari Kantor Arsip  dan  Perpustakaan  Daerah  berupa  pengecekan  dan  pengadaan  koleksi. (4) Pembinaan pengolahan bahan berupa klasifikasi, katalogisasi, dan labelisasi.

Kata kunci: pembinaan  perpustakaan, sekolah dasar

Komentar