40. Tanggungjawab Sosial Perusahaan Dalam Rangka Pelaksanaan Tata Kelola Perusahaan Perbankan

ABSTRAK
Tanggung jawab perusahaan tidak hanya berupa tanggung jawab ekonomi saja, akan tetapi juga mempunyai tanggung jawab sosial (Corporate social responsibility/ CSR) yang berkaitan dengan segala aspek yang menunjang berhasilnya  perusahaan  tersebut.  Tanggung  jawab  sosial  dunia usaha  telah menjadi suatu kebutuhan yang dirasakan bersama antara pemerintah, masyarakat dan dunia usaha sendiri berdasarkan prinsip-prinsip saling menguntungkan (kemitraan). Permasalahan dalam skripsi ini adalah bagaimana penerapan prinsip tata kelola perusahaan perbankan di PT. Bank Sumut Kantor Pusat Imam Bonjol Medan, bagaimana peranan corporate sosial responsibility dalam mengimplementasikan tata kelola perusahaan perbankan yang baik di PT. Bank Sumut Kantor Pusat Imam Bonjol Medan, bagaimana hambatan yang dihadapi oleh PT. Bank Sumut Kantor Pusat Imam Bonjol Medan dalam pelaksanaan tata kelola perusahaan bank yang baik.
Metode penelitian skripsi ini adalah metode hukum normatif dan sifat dari penulisan ini adalah bersifat deskriptif sebab akan menggambarkan dan melukiskan asas-asas atau peraturan-peraturan yang berhubungan dengan tujuan penulisan ini.
Penerapan prinsip tata kelola perusahaan perbankan di PT. Bank Sumut Kantor Pusat Imam Bonjol Medan yang meliputi tranparansi, kemandirian, pertanggungjawaban, akuntabilitas dan kewajaran pada PT Bank Sumut dilaksanakan dengan cukup baik. Penerapan salah satu prinsip dari GCG yaitu dengan melaksanakan corporate social responsibility. Peranan corporate sosial responsibility  dalam  mengimplementasikan  tata  kelola  perusahaan  perbankan yang baik di PT. Bank Sumut Kantor Pusat Imam Bonjol Medan adalah untuk meningkatkan image perusahaan di dalam masyarakat di mana perusahaan itu menjalankan kegiatan usahanya. Eksistensi dan keberlangsungan Bank Sumut sebagai  entitas  bisnis  sekaligus  elemen  sosial  sangat  bergantung dari  pola interaksi antara manajemen perusahaan di satu pihak dengan para pemangku kepantingan di pihak lain. Hambatan yang dihadapi oleh PT. Bank Sumut Kantor Pusat Imam Bonjol Medan dalam pelaksanaan tata kelola perusahaan bank yang baik yaitu kendala pengetatan kredit perbankan, produktivitas produk bank yang belum sepenuhnya efisien dan efektif, standar SDM yang tinggi akibat dari era globalisasi dan masalah kasus penyimpangan internal (internal fraud).

Kata Kunci : Tanggungjawab Sosial, Tata Kelola.

Komentar