Keterampilan Dalam Pembelajaran Kooperatif

Keterampilan Keterampilan Dalam Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning)
Kerja sama

Lungdren mengemukakan bahwa terdapat keterampilan keterampilan yang didapat siswa selama pembelajaran kooperatif, yakni:

Keterampilan Kooperatif Tingkat Awal

  • Menggunakan kesepakatan, yang dimaksud disini yakni siswa akan belajar menyamakan pendapat yang berguna untuk meningkatkan hubungan kerja dalam kelompok.
  • Menghargai kontribusi, yakni menghargai berarti mempertimbangkan atau mengenal apa yang dapat dikatakan atau dikerjakan anggota lain, dapat saja kritik yang diberikan itu ditunjukan terhadap ide dan tindak individu.
  • Mengambil giliran dan berbagi tugas, hal ini memiliki arti bahwa setiap anggota kelomok bersedia menggantikan dan bersedia mengemban tugas/ tanggung jawab tertentu dalam kelompoknya
  • Berada dalam kelompok, maksudnya setiap anggota dalam kelompok kerja selama kegiatan berlangsung
  • Berada dalam tugas, maksudnya adalah meneruskan tugas yang menjadi tanggung jawabnya, agar kegiatan dapat diselesaikan sesuai waktu yang dibutuhkan.
  • Mendorong partisipasi, berarti mendorong semua anggota kelompok untuk memberikan kontribusi terhadap tugas kelompok.
  • Mengundang orang lain, maksudnya adalah meminta orang lain untuk berbicara dan ikut berpartisipasi dalam tugas.
  • Menyelesaikan tugas dalam waktunya, disini mereka diharuskan menggunakan waktu dengan efisien agar tugas yang ia kerjakan tidak mengganggu pekerjaan temannya.
  • Menghormati perbedaan dalam individu, berarti bersikap menghormati budaya, suku, ras, atau pengalaman dari semua siswa

Keterampilan Tingkat Menengah

Keterampilan ini meliputi menunjukan penghargaan dan simpati, mengungkapkan ketidak setujuan dengan cara yang diterima, mendengarkan dengan arif, bertanya, membuat ringkasan, menafsirkan, mengorganisir dan mengurangi ketegangan.

Keterampilan Tingkat Mahir

Meliputi mengelaborasi, memeriksa dengan cermat, menanyakan kebenaran/fakta, menetapkan tujuan, dan berkompromi.

Jika pembaca merasa masih kurang paham dengan postingan kali ini maka pembaca bisa mengulas Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) lagi, agar pembaca dapat dengan lebih mudah dalam mempelajari materi kali ini.
Dan jangan lupa tolong di share (ikon yang ada disamping atau bawah ini) agar teman teman pembaca ikut mempelajari, jika ada yang kurang jelas atau kritik saran silakan beritahu saya di komentar.

Komentar