Pengertian Model Pembelajaran Mind Mapping

Pengertian, Manfaat dan Langkah langkah Membuat Mind Mapping. Saat saya sedang melihat teman saya yang lagi sidang seminar ada sebuah pernyataan dari dosen penguji, Ia berkata kepada teman saya "Apakah kamu yakin akan menggunakan Model Mind Mapping ini dipenelitianmu, perlu kamu ketahui Mind Mapping ini tidak seperti Model model pembelajaran lainnya #%$$@^%%&&&" Mulai dari sana saya tergerak penasaran apa sih model Mind Mapping itu, dan saya juga ingin membagikan kepada sobat semua tentang Model Pembelajaran Mind Mapping.
Pengertian Model Mind Mapping

Pengertian Mind Mapping

Mind Map (peta pikiran) merupakan metode belajar dalam konteks mengingat atau merekam materi pelajaran yang perlu diingat yang nantinya dimunculkan kembali setelah selang beberapa waktu. Metode ini memfungsikan otak kanan dan otak kiri secara sinergis (bersamaan dan saling melengkapi). Mind map ditemukan oleh Tony Buzan (1971).1
Peta pikiran adalah ekspresi dari radiant thinking yang merupakan fungsi alami dari pikiran manusia. Peta pikiran ini merupakan ekspresi potensi keluasan yang tidak terbatas dari otak manusia, yang dapat diterapkan dalam berbagai aspek kehidupan dan melatih siswa dalam berpikir.2

Mind map is an outline in which the major categories radiate from a central image and lesser categories are captured as branches of large branches.3
Mind map adalah alternatif pemikiran keseluruhan otak terhadap pemikiran linier. Mind map menggapai ke segala arah dan merangkai berbagai pikiran dari segala sudut. Mind map adalah cara termudah untuk menempatkan informasi ke dalam otak dan mengambil informasi ke luar otak.4

Mind map merupakan peta rute bagi ingatan, memungkinkan siapa pun menyusun fakta dan pikiran sedemikian rupa sehingga cara kerja alami otak dilibatkan sejak awal. Ini berarti mengingat informasi akan lebih mudah dan lebih dapat diandalkan daripada menggunakan teknik pencatatan tradisional.5
Dapat disimpulkan bahwa mind map adalah cara termudah untuk menempatkan nformasi ke dalam otak dan memudahkan pengguna untuk mengingat atau mengambil informasi ketika dibutuhkan kembali. Atau mind map merupakan cara mencatat yang kreatif, efektif, dan memetakan pikiran-pikiran, secara menarik, mudah, dan berdaya guna bagi setiap siswa untuk menghasilkan gagasan, mencatat apa yang dipelajari atau merencanakan tugas baru.
Mind map merupakan bentuk penulisan catatan yang penuh warna dan bersifat visual, yang dapatdikerjakan oleh satu orang atau satu tim. Di pusatnya terdapat sebuah gagasan atau gambar sentral. Gagasan utama tersebut dieksplorasi melalui cabang-cabang yang mewakili gagasan-gagasan utama, yang kesemuanya terhubung pada gagasan sentral itu.

Di setiap cabang ”gagasan utama” ada cabang-cabang ”sub gagasan” yang mengeksplorasi tema-tema tersebut secara lebih mendalam. Pada cabang sub gagasan ini dapat ditambahkan lebih banyak sub cabang lagi, sambil terus mengeksplorasi gagasan secara mendalam lagi. Sama seperti semua cabang itu pun demikian. Faktor ini membuat mind map memiliki ruang lingkup yang mendalam dan luas, yang tidak dimiliki oleh gagasan biasa.6
Semua mind map mempunyai kesamaan. Yaitu menggunakan warna, memiliki struktur alami yang memancar dari pusat, menggunakan garis lengkung, simbol, kata, dan gambar yang sesuai dengan cara kerja otak. Dengan mind map, daftar informasi yang panjang dapat dialihkan menjadi diagram warna-warni, sangat teratur dan mudah diingat yang bekerja selaras dengan cara kerja alami otak dalam melakukan berbagai hal.7
Sehingga dapat disimpulkan bahwa semua mempunyai kesamaan tapi hanya berbeda dari segi kreativitas. Kreativitas setiap orang berbeda-beda dan juga tergantung pada bagaimana seseorang mengasah kreativitas yang membuat ia berbeda dari yang lain.
Langkah langkah Model Mind Mapping

Langkah langkah Mind Mapping

Berikut cara membuat mind map yang didapat dari berbagai sumber.
Tujuh langkah membuat mind map yaitu:
  1. Mulailah dari tengah kertas kosong.
  2. Gunakan gambar (simbol) untuk ide utama.
  3. Gunakan berbagai warna.
  4. Hubungkan cabang-cabang utama ke gambar pusat. Buatlah ranting-ranting yang berhubungan ke cabang dan seterusnya
  5. Buatlah garis hubung yang melengkung.
  6. Gunakan satu kata kunci untuk setiap garis.
  7. Gunakan gambar.8
Selain cara di atas, membuat mind map dapat menggunakan software seperti Freemind, software ini dapat ditemukan pembaca diinternet ataupun pembaca bisa membelinya di toko.

Manfaat Mind Mapping

Guru menyuruh siswa untuk membuat peta pikiran memungkinkan siswa untuk mengidentifikasi dengan jelas dan kreatif apa yang telah pelajari atau apa yang tengah direncanakan. Mind map sangat baik digunakan untuk pengetahuan awal siswa atau untuk menemukan alternatif jawaban.

Mind Map sebenarnya juga dapat digunakan untuk brainstorming; jembatan diskusi, berbagi ide, dan mengerjakan proyek bersama.9 Brainstorming (curahan pendapat) adalah langkah eksplorasi dan inventarisasi ide melalui curah pendapat tentang topik tertentu dengan bebas tanpa seleksi.10 Mind Map berfungsi sebagai alat bantu untuk memudahkan otak bekerja. Manfaat mind map adalah :
  1. Mempercepat pembelajaran 
  2. Melihat koneksi antar topik yang berbeda 
  3. Membantu ‘brainstorming’ 
  4. Memudahkan ide mengalir 
  5. Melihat gambaran besar 
  6. Memudahkan mengingat 
  7. Menyederhanakan struktur11
Sedangkan menurut Michael Michalko, mind map memiliki manfaat yaitu:
  1. Mengaktifkan seluruh otak. 
  2. Membereskan akal dari kekusutan mental. 
  3. Memungkinkan kita focus pada fokus bahasan. 
  4. Membantu menunjukkan hubungan antar bagian-bagian informasi yang saling terpisah. 
  5. Memberi gambaran yang jelas pada keseluruhan dan perincian. 
  6. Memungkinkan kita mengelompokkan konsep dan membantu kita membandingkannya. 
  7. Menyaratkan kita untuk memusatkan perhatian pada pokok bahasan yang membantu mengalihkan informasi dari ingatan jangka pendek ke ingatan jangka panjang.12
    Manfaat Model Mind Mapping
Mind map akan membantu siapa pun dalam meningkatkan kecepatan berpikir, memberikan kelenturan yang tidak terbatas, dan menjelajah jauh dari pemikiran sendiri. Mind map menghemat waktu, memungkinkan siapa pun menyusun dan menjelaskan pikiran, menghasilkan ide-ide baru, melacak segalanya, memperbaiki ingatan dan konsentrasi, lebih merangsang otak, dan memungkinkan siapa pun tetap melihat “gambar keseluruhan”.13
Dapat disimpulkan, bahwa mind map bermanfaat untuk menggali pengetahuan siswa, membuat perencanaan kegiatan, memudahkan siswa memahami konsep sehingga tercipta pembelajaran bermakna dan kreativitas siswa dikembangkan. Serta kemampuan mengingat juga dikembangkan, siswa dapat memahami konsep tanpa harus menghafal kembali tetapi dengat mengingat kembali.
Footnote______________
  1. Hernowo,  Bu Slim dan Pak Bil Membincangkan Pendidikan di Masa   Depan: Ihwal Life Skills, Portofolio, Kontruktivisme, dan Kompetensi, (Bandung:MLC, 2004), h.13
  2. Ida     Bagus  Putu  Arnyana,   Pengembangan   Peta  Pikiran  Untuk  Meningkatkan Kecakapan berpikir Kreaif Siswa, (Jurnal Pendidikan dan Pengajaran UNDIKSHA, No. 3 TH XXXX Juli 2007), h.680..
  3. John W. Budd, Mind Map As Classroom Exercises, ( Minneapolis: University of Minneasota, 2003),tersedia: jbudd@csom.umn.edu, diakses 6 Juni 2010.
  4. Bagus Taruno Legowo,Freemind: Mind Mapping Software, (Sidoarjo: Masmedia Buana Pustaka, 2009), h.5
  5. Tony Buzan, Buku Pintar Mind Map,(Jakarta: Gramedia, 2009), cet. ke 7, h.5.
  6. Ida Bagus Putu Arnyana, Pengembangan Peta Pikiran Untuk Meningkatkan Kecakapan berpikir Kreaif Siswa, (Jurnal Pendidikan dan Pengajaran UNDIKSHA, No. 3 TH XXXX Juli 2007), h.677-678.
  7. Tony Buzan, Op.cit., h.5.
  8. Fidelis E. Waruwu, Mind Mapping(online), EducationTraining & Consultan, tersedia: www.edutraco.com atau fidelis@edutraco.com. Diakses 27 Januari2009.
  9. Nazala  Harish,  Mind  Mapping  (online), tersedia: http://lahar-idesign.blogspot.com. Diakses 27 Januari 2010.
  10. Wahdi Sayuti, Model Pembelajaran Konstruktivisme, (Jurnal Kependidikan Keislaman dan Kebudayaan Didaktika Islamika, Vol. VI No. 1 Juni 2005), h.122.
  11. Op.cit.
  12. Bagus Taruno  Legowo,  Freemind:  Mind  Mapping  Software, (Sidoarjo: Masmedia Buana Pustaka, 2009), h.9.

Komentar