6. Penerapan Bahan Ajar Kimia Elektrokimia Terintegrasi Konteks Kejuruan Untuk Meningkatkan Minat Dan Literasi Sains Siswa Kelas X Program Studi Teknik Otomotif

ABSTRAK
Penelitian  ini  bertujuan  untuk  menganalisis:  ada  tidaknya  perbedaan minat belajar kimia dan literasi sains siswa yang mengikuti pembelajaran dengan penerapan dan tanpa penerapan bahan ajar kimia terintegrasi konteks kejuruan, serta tanggapan siswa SMK Negeri 2 Yogyakarta terhadap bahan ajar kimia elektrokimia terintegrasi konteks kejuruan dalam pembelajaran.
Penelitian  ini  merupakan  penelitian  kuasi  ekperimen  dengan  desain pretest-posttest. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X semester 2 Program  Studi  Teknik  Otomotif  di SMK Negeri  2  Yogyakarta  tahun  ajaran 2016/2017. Sampel penelitian sebanyak 62 siswa, terbagi dalam dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kontrol yang diambil secara cluster random sampling. Data yang diperoleh adalah data minat belajar kimia, literasi sains siswa dan tanggapan terhadap bahan ajar kimia elektrokimia terintegrasi konteks kejuruan. Instrumen yang digunakan adalah RPP, LKS, angket minat belajar kimia, tes literasi sains dan angket tanggapan bahan ajar. Data dianalisis dengan uji n-gain, uji dependent dan independent t-test serta analisis deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) ada perbedaan minat belajar kimia siswa SMK Negeri 2 Yogyakarta yang mengikuti pembelajaran dengan penerapan dan tanpa penerapan bahan ajar kimia terintegrasi konteks kejuruan, 2) tidak  ada  perbedaan  literasi  sains  siswa  SMK  Negeri  2 Yogyakarta  yang mengikuti pembelajaran dengan penerapan dan tanpa penerapan bahan ajar kimia terintegrasi konteks kejuruan, 3) tanggapan yang baik (B) dari siswa terhadap bahan ajar kimia terintegrasi konteks kejuruan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan bahan ajar kimia terintegrasi konteks kejuruan dapat meningkatkan minat namun kurang optimal dalam meningkatkan literasi sains  siswa  kelas  X  Program  Studi  Teknik  Otomotif  di  SMK  Negeri  2
Yogyakarta.

Kata Kunci: bahan ajar kimia terintegrasi konteks kejuruan, kimia di SMK, minat belajardan literasi sains, Teknik Otomotif.
File Selengkapnya.....

Komentar