256. Pengaruh Efikasi Diri Dan Regulasi Diri Terhadap Tanggung Jawab Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas Iii Sekolah Dasar

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efikasi diri dan regulasi diri secara parsial maupun simultan terhadap tanggung jawab belajar siswa pada mata pelajaran IPA.
Penelitian  menggunakan  pendekatan  kuantitatif  dengan  metode  ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri se- Kecamatan Pengasih Kabupaten Kulon Progo yang berjumlah 591 siswa dengan sampel penelitian berjumlah 238 siswa yang diambil secara acak dengan menggunakan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data efikasi diri, regulasi diri, dan  tanggung jawab  belajar menggunakan  kuesioner.  Instrumen penelitian  ini diujicobakan kepada 30 siswa. Uji validitas instrumen menggunakan validitas isi sedangkan  untuk  mencari  daya  beda  menggunakan  rumus  korelasi  product moment.   Reabilitas   instrumen   menggunakan   rumus   Alpha   Cronbach.   Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas, uji linearitas, dan uji multikolinearitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji pengaruh parsial dan uji regresi ganda.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: 1) efikasi diri berpengaruh signifikan terhadap tanggung jawab belajar siswa dengan sumbangan 26,69%; 2) regulasi diri berpengaruh signifikan terhadap tanggung jawab belajar dengan sumbangan 18,51%;  dan  3)  efikasi  diri  dan  regulasi  diri  secara  simultan  berpengaruh signifikan terhadap tanggung jawab belajar siswa dengan sumbangan 45,20%.

Kata kunci : tanggung jawab belajar, efikasi diri, regulasi diri

Komentar