260. Implementasi Kurikulum 2013 Di Kelas Iv Sekolah Dasar Negeri 4 Wates.

ABSTRAK
Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mendeskripsikan  implementasi  Kurikulum2013 di kelas IV SD Negeri 4 Wates.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas IV, dan siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumetasi. Analisis data dengan  menggunakan  langkah-langkah reduksi  data,  display data  dan penarikan kesimpulan.  Teknik  pemeriksaan  keabsahan  data  dengan  menggunakan trianggulasi.
Hasil  penelitian menunjukkan penyusunan perangkat pembelajaran dibuat bersama dalam forum KKG. Silabus disediakan oleh pemerintah. Pendekatan saintifik   yang   dilaksanakan meliputi:    (1)   mengamati,   (2)   menanya,   (3) eksperimen,  (4)  mengasosiasikan, dan (5) mengkomunikasikan. Teknik penilaian dilaksanakan berdasarkan aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan. Faktor-faktor yang mendukung terlaksananya Kurikulum 2013 adalah: a) Dinas memberikan informasi  dan  fasilitas,  b)  Kepala  sekolah  mengikuti  pelatihan,  c)  Penyediaan sarana dan prasarana, d) Guru mengikuti pelatihan, dan e) Orang tua menyediakan fasilitas. Hambatan yang terjadi adalah: a) Guru kesulitan dalam pembuatan RPP, b)  Kebingungan orang tua siswa,    c) Adanya siswa kurang aktif, d) Buku ajar mengalami   keterlambatan,   e)   Belum  semua guru  memanfaatkan  sarana   dan prasarana sekolah, f) Tidak semua media pembelajaran tersedia, dan g) Kesulitan penilaian. Upaya yang dilaksanakan untuk mengatasi hambatan adalah: a) Kepala sekolah membentuk forum KKG, b) Sosialisasi, c) Guru mengikuti langkah pembelajaran,  d) Sekolah  meminta  bantuan  orang  tua,  e)  Menampilkan  ske ma atau video, dan f) Guru mengikut sosialisasi dan pelatihan.

Kata kunci: kurikulum 2013, pembelajaran saintifik

Komentar