261. Penanaman Nilai Kedisiplinan Pada Siswa Kelas Tinggi Di Sekolah Dasar Negeri 1

ABSTRAK
Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mendeskripsikan  penanaman  nilai kedisiplinan  yang dilakukan  guru  terhadap  siswa  kelas  tinggi  Sekolah  Dasar Negeri 1 Pandowan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas tinggi. Pengumpulan data dilaksanakan melalui wawancara,   observasi,   dan   studi dokumentasi.   Teknik   analisis   data   yang digunakan adalah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukkan guru kelas tinggi menanamkan nilai kedisplinan melalui kegiatan sehari-hari yang meliputi keteladanan, kegiatan spontan, teguran, pengkondisian lingkungan, dan kegiatan rutin. Guru belum memberikan  keteladanan  dalam  disiplin  waktu.  Guru  masih sering  terlambat datang sekolah, memulai pelajaran setelah istirahat, dan pulang sekolah. Guru tidak memberikan  teguran  pada  beberapa  pelanggaran  seperti  siswa  yang terlambat dan tidak memakai seragam dengan lengkap. Pengkondisian lingkungan yang dilakukan  guru  yakni  kurang memberikan  fasilitas  jadwal  pelajaran  dan jadwal piket. Penanaman nilai kedisiplinan yang diterapkan guru melalui kegiatan terprogam yakni adanya perencanaan dan pelaksanaan. Perencanaan berupa pembuatan jadwal piket, jadwal pelajaran, RPP, dan penyusunan pengurus kelas. Pelaksanaan berupa terlaksananya piket, proses pembelajaran yang menerapkan unsur disiplin, dan pemeriksaan kebersihan kuku. Guru juga menerapkan unsur- unsur disiplin yang meliputi peraturan, hukuman, penghargaan, dan konsisten. Guru belum konsisten dalam menerapkan hukuman dan penghargaan. Guru tidak selalu memberikan hukuman pada siswa yang melanggar tata tertib sekolah yakni datang terlambat dan memakai seragam tidak lengkap. Guru juga jarang memberikan penghargaan kepada siswa yang berperilaku disiplin.

Kata kunci: penanaman nilai kedisiplinan

Komentar