3. Pengembangan Performance Task Assessment Sub Presentation And Discussion Untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Fisika
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan produk performance task assessment sub presentation and discussion yang layak untuk melatih keterampilan proses sains peserta didik kelas XI di MAN Yogyakarta I; (2) mengetahui efektivitas performance task assessment sub presentation and discussion dalam pembelajaran fisika melalui kegiatan praktikum ditinjau dari keterampilan proses sains peserta didik kelas XI di MAN Yogyakarta I.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan 4D Model. Pada tahap Define, merencanakan perangkat pembelajaran gerak harmonik sederhana. Pada tahap Design, merancangan produk perangkat pembelajaran yang selanjutnya produk tersebut di konsultasikan dengan ahli untuk divalidasi. Pada tahap Develop, dilakukan pengembangan perangkat pembelajaran dengan uji terbatas dan uji meluas. Pada tahap Desiminate, penyebarluasan perangkat pembelajaran hasil pengembangan. Subjek penelitian adalah 34 peserta didik kelas XI IPA 1, 32 peserta didik kelas XI IPA 2, dan 33 peserta didik kelas XI IPA 3 di MAN Yogyakarta I. Hasil penelitian berupa penilaian kinerja peserta didik selama melakukan kegiatan presentasi dan diskusi hasil praktikum gerak harmonik sederhana, berdasarkan penilaian dari observer. Data dianalisis secara deskriptif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) produk performance task assessment sub presentation and discussion telah tervalidasi secara deskriptif dan reliabel, sehingga layak digunakan untuk melatih keterampilan proses sains peserta didik, dengan nilai CVR dan CVI sebesar 0.99 pada rentang 𝟎<𝒙<𝟏 dengan kategori sangat baik dan nilai Percentage of Agreement (PA) dari keseluruhan aspek penilaian sebesar 90.47 %; (2) tingkat efektivitas instrumen penilaian performance task assessment sub presentation and discussion ditinjau dari keterampilan proses sains peserta didik adalah 3.36 dengan interpretasi baik pada kelas XI MIA 2 sebagai kelas uji terbatas, 3.43 dengan interpretasi baik pada kelas XI MIA 3, dan 3.55 dengan interpretasi sangat baik pada kelas XI MIA 1 sebagai kelas uji meluas.
Kata-kata kunci: performance task assessment, presentation and discussion, keterampilan proses sains
File Selengkapnya.....
Komentar
Posting Komentar