22. Motivasi Belajar Siswa

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis motivasi belajar siswa SMPN 15 Yogyakarta, faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa SMPN 15 Yogyakarta, dan upaya yang dilakukan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SMPN 15 Yogyakarta.
Penelitian ini dilaksanakan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Informan yang terlibat dalam penelitian ini adalah 2 guru dan 4 siswa di SMP Negeri 15 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan metode triangulasi.Teknik analisis yang diterapkan mengacu pada analisis induktif data model interaktif Miles dan Huberman, yang meliputi pengumpulan, reduksi, penyajian data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan sebagai berikut: (1) Motivasi intrinsik yang dimiliki siswa SMPN 15 Yogyakarta adalah minat yang berasal dari diri mereka sendiri, sedangkan motivasi ekstrinsik mereka adalah adanya pemberian nilai pada tugas dan ulangan serta adanya remidi atau perbaikan nilai; (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa di SMPN 15 Yogyakarta adalah minat, kurangnya dukungan fasilitas yang diberikan oleh orang tua juga mempengaruhi motivasi  belajar  siswa  kecemasan  dalam  suasana  pembelajaran  di  kelas,  dan teman-teman sepermainan di sekolah membawa pengaruh negatif kepada siswa lain agar mengikuti tindakan yang dapat menurunkan prestasi belajar; (3) Upaya yang dilakukan oleh sekolah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SMPN 15 Yogyakarta antara lain memberikan angka yang objektif pada tugas harian, ulangan harian, atau ulangan umum semester, memberikan hadiah kepada siswa yang   mendapatkan   juara   perlombaan   antar   kelas   dan   juara   kelas,   guru memberikan pujian   kepada  siswa   yang  dapat   menjawab   pertanyaan   yang diberikan  pada  saat  pelajaran atau  saat  mendapatkan  nilai  yang  memuaskan setelah  ulangan  atau  tugas,  memberikan  ulangan harian  untuk  mengetahui seberapa  paham  siswa  terhadap  mata  pelajaran  yang  diberikan  dan sebagai evaluasi guru, memberikan hukuman berupa memberikan tugas tambahan, memberikan masukan kepada siswa yang prestasinya masih kurang standar, dan memberikan   bantuan   kepada siswa-siswa   yang   perlu   diberikan   tambahan pelajaran secara intensif.

Kata kunci: motivasi belajar,prestasi siswa,belajar siswa

Komentar